Ad

Minggu, 04 Maret 2012

Kiat Menjadi Programmer Handal


Apakah anda tertarik untuk menjadi seorang programmer ? baik itu sistem programmer ataupun web programmer. Pada dasarnya sama saja antara programming berbasis web dengan programming berbasis sistem under OS (operating system). Programmer yang baik tentunya memiliki skill coding yang rapi sehingga mengoptimalkan code-code yang ia buat (code optimization) dan setiap sintaks selalu diberikan komentar, tak lain untuk menjaga agar mudah dibaca dan lebih mudah menemukan bug yang terdapat pada program.

Apa saja yang harus dikuasai ?
1. Kuasai Algoritma (Urutan Event/Kejadian).
Dengan menguasai algoritma, maka program yang dibuatpun akan terstruktur dan tidak berbelit-belit. Algoritma sangat penting karena ia merupakan pokok dari rancangan program dan alur program. Buat sebuah bagan alur (Flowchart) setiap membuat program yang akan dibuat. Hal ini akan membantu dalam meyelesaikan masalah dan proses yang tidak berbelit-belit.
2. Berfikir Yang Logis Dan Masuk Akal.  
Komputer selalu bekerja tanpa lelah dengan perhitungan dan kondisi sesuai dari user yang memerintahkannya. cara kerjanya pun sama dengan manusia. Anda harus bisa berfikir logis dan mengerti setiap alur program yang dibuat. Tidak perlu menguasai matematika, cukup kuasai aljabar logika.
3. Kuasai Salah Satu Bahasa Pemrograman.  
Misalkan anda lebih menyukai BASIC, maka teruslah mencoba merakit program dengan bahasa BASIC. Tapi alangkah lebih diutamakan belajar dari bahas pemrograman BASIC ataupun PASCAl. Apabila anda mulai jenuh, anda dapat mempelajari bahas lainnya seperti C/C++, Java, Pascal, PHP, JSP, ASP, JavaScript dan lainnya. Anda tidak harus menghafal seluruh sintax dari suatu bahasa pemrograman, yang diperlukan cukup beberapa keyword. Tidak mungkin anda hafal seluruh keyword yang fungsinya dan jumlahnya ratusan ?

Dengan bermodalkan tiga skill diatas , dapat dipastikan anda dapat menjadi seorang programmer yang bisa dengan mudah menyelesaikan suatu masalah dengan menerjemahkan bahasa manusia kedalam bahasa mesin atau bahasa kerennya "Encoding".
Teruslah berlatih dan buat karya yang bermanfaat.
Bravo Programmer Indonesia !!!..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...